Bahan Bacaan
Peserta mengikuti pembelajaran asinkronus untuk mempelajari konsep dasar dan prinsip inkuiri kolaboratif. Silakan pelajari bahan Bacaan berikut.
Penugasan
Tujuan Aktivitas:
Peserta diharapkan dapat mengaitkan konsep inkuiri kolaboratif dengan praktik kolaborasi dan refleksi yang telah atau akan dilakukan di sekolah, serta mengantisipasi tantangan implementasinya.
Instruksi:
“Selamat datang di modul pembelajaran Inkuiri Kolaboratif. Pada sesi ini, Bapak/Ibu akan mempelajari konsep dasar dan prinsip-prinsip inkuiri kolaboratif serta bagaimana pendekatan ini dapat diterapkan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas secara kolaboratif dan reflektif.
Silakan pelajari materi yang tersedia secara seksama dan kerjakan penugasan reflektif yang telah disiapkan. Penugasan ini bertujuan membantu Anda mengaitkan konsep inkuiri kolaboratif dengan praktik nyata di sekolah serta mempersiapkan strategi untuk mengatasi tantangan yang mungkin muncul saat mengimplementasikannya.
Kerjakan penugasan dengan jujur dan mendalam, serta gunakan pengalaman Bapak/Ibu sebagai guru untuk memberikan contoh konkret dalam jawaban Bapak/Ibu. Berikut langkah-langkah dalam melakukan penugasan:
Pelajari modul pembelajaran yang berisi konsep dasar, prinsip, dan tahapan siklus inkuiri kolaboratif.
Pelajari materi secara mandiri untuk mengenali karakteristik dan nilai-nilai utama dalam inkuiri kolaboratif.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut secara jujur dan singkat (boleh dalam bentuk poin, maksimal 150 kata per nomor atau terintegrasi dalam satu paragraf, maksimal 500 kata). Gunakan pengalaman nyata Bapak/Ibu saat bekerja sama dengan guru lain di sekolah. Berikut pertanyaan pemandu:
Ceritakan satu pengalaman Bapak/Ibu bekerja sama dengan guru lain untuk memperbaiki pembelajaran di kelas! Apa yang menjadi tantangannya, dan apa yang berhasil?
Jika pengalaman tersebut Bapak/Ibu kaitkan dengan siklus inkuiri kolaboratif (Assess (Penilaian/Identifikasi) → Design (Merancang Strategi Solusi) → Implement (Implementasi) → Measure/Reflect/Change (Mengukur Keberhasilan/Merefleksikan/Membuat Penyesuaian)), Tahapan mana yang paling berdampak saat Bapak/Ibu jalani? Apa yang belum sempat dilakukan?